MIMPI


Setiap orang pasti pernah punya keinginan. Setiap orang pasti pernah memiliki kemauan. Setiap orang pasti pernah memiliki kehendak. Keinginan, kemauan, dan kehendak sering kali diartikan sebagai sesuatu yang sama, yakni mendapatkan atau mencapai sesuatu. Sampai suatu ketika, aku ingat kalau ada satu lagi kata yang bisa mewakilinya yaitu mimpi.

Secara sederhana mimpi itu juga bisa diartikan sebagai keinginan kan ya ? Tapi sebagai seseorang yang berumur 17 tahun, aku mulai sadar kalau ternyata mimpi bukanlah sekadar keinginan biasa. Karena bukan hal biasa, pasti ada hal-hal yang membedakan mimpi dan keinginan.
Menurutku, mimpi itu adalah keinginan yang direncanakan dan dikehendaki yang di dalamnya perlu perjuangan,kemauan yang kuat, serta tekad bulat dalam mencapainya. See ? Keliatan banget kan bedanya di mana.

Iya, direncanakan dan dijalani dengan niat, tekad bulat, serta semangat. Dan lagi, mimpi erat kaitannya dengan cita-cita. Cita-cita artinya juga harapan gitu kan ? But for me, karena mimpi berkaitan erat dengan cita-cita jadi kesimpulannya cita-cita kayak semacam harapan masa depan gitu kan ya.

Banyak orang bilang “Bermimpilah setinggi langit” atau “Jika mimpimu belum membuatmu takut, maka kau belum bermimpi”. Dulu banget mikir quote begitu kaya apa gitu ya, kata-kata yang ‘entheng’ dan baru-baru aja sadar kalau it’s so damn true. Dan yang bikin sadar adalah masa-masa kelas 12-ku ini.

Di SMA ini sempet galau,bingung, kayak ga ada arah gitu buat nentuin jurusan kuliah. Masih takut buat nentuin jurusan dan kayak masih let it flow aja. Masih pakai prinsip “ jangan terlalu ambisius”. BUT, it’s wrong. Kenapa salah ? Ya karena hidup harus ada tujuan biar ada ambisi, biar ada semangat. Memang bener jangan terlalu ambisius tapi sekali lagi ambisi itu penting. Biar kita ga males, biar kita ada semangat hidup.

Setelah tahu tujuan hidup pasti bakal bikin perencanaan. Start from the smallest thing lama-lama bisa kekejar itu cita-cita. Aamiin.

Dan memang, di saat lagi di titik jenuh yang bikin males ngapa-ngapain begitu keinget mimpi sendiri rasanya bersalah, berdosa dan balik semangat. Makanya, bermimpi itu penting. Maka jangan takut bermimpi dan buatlah hidupmu bermakna.


Komentar

Postingan Populer